Thursday, December 7, 2017

Wanita, Hati-hati! Jika Muncul 5 Tanda Ini pada Payudaramu, Boleh Jadi Itu Gejala Awal Kanser Payudara! Periksa Sekarang Sebelum Terlambat!

Wanita, Hati-hati! Jika Muncul 5 Tanda Ini pada Payudaramu, Boleh Jadi Itu Gejala Awal Kanser Payudara! Periksa Sekarang Sebelum Terlambat!

Menurut lembaga servey Organisasi Kesihatan Dunia, kanser payudara adalah penyebab utama kematian di kalangan wanita muda, terhitung 25% dari semua wanita berusia 20-39 tahun yang meninggal kerana kanser.

Sebenarnya, jika kanser payudara dideteksi dan diubati pada tahap awal masih ada kemungkinan menghindari hal-hal buruk terjadi. Tapi justru kerana banyak wanita belum cukup tahu tentang kanser payudara, bahkan kadang mereka sendiri tidak tahu yang mereka telah mengidap kanser payudara, mereka tertinggal masa terbaik untuk pengubatan.

Berikut ini cara melihat sendiri kanser payudara:

1. Cek apakah ada benjolan di payudara

Benjolan pada payudara adalah langkah umum untuk mengesan kanser payudara. Yang paling mengerikan adalah benjolan yang keras, yang dipegang seperti dahi, keras-keras dan tidak mudah ditekan (inilah kuncinya).

Anda boleh mencuba berbaring di tempat tidur untuk memeriksa payudara sendiri, kerana saat berbaring, jaringan payudara akan lebih rata dan akan lebih mudah mengesan benjolan.

Kelenjar getah bening dapat mengesan kanser payudara sejak dini. Beberapa pesakit mungkin pertama kali muncul gejala pembesaran kelenjar getah bening di ketiak. Jika Anda berusia di atas 40 tahun, dan secara tidak sengaja menemukan kelenjar getah bening bengkak di bawah ketiak, dan ada kecenderungan “bertumbuh”, segera periksa ke doktor.

3. Cek apakah ada cairan keluar dari puting payudara

Picit sedikit puting payudara Anda, amati apakah ada cairan yang keluar berupa cairan pulpa atau nanah, jika ada segera periksa ke doktor.

4. Ada tidak rasa sakit atau sensasi terbakar pada payudara

Jika payudara terasa nyeri, gatal atau ada sensasi terbakar (kemerahan) dan sebagainya, segera periksa ke doktor.

5. Kelainan pada permukaan payudara

● Perubahan abnormal pada kulit payudara, terutama kulit tiba-tiba menjadi sangat kasar, seperti kulit jeruk


● Terlihat pembuluh darah pada payudara, payudara yang tadinya mulus tiba-tiba muncul pembuluh darah;

● Permukaan payudara yang tadinya mulus dan rata tiba-tiba cekung/masuk ke dalam seperti lubang atau lesung pipi

Berikut wanita yang lebih beresiko kena kanser payudara:

Risiko kanser payudara meningkat seiring bertambahnya usia, diperkirakan bersinergi dengan tingkat perubahan endokrin. Kejadian wanita berusia 45-50 tahun secara signifikan lebih tinggi daripada wanita berusia di bawah 45 tahun. Setelah menopause, resikonya akan terus meningkat.

Selain usia, gaya hidup juga mempengaruhi resiko kanser payudara:

1. Menstruasi awal datang terlalu cepat, menopause datang terlambat, infertilitas dan hamil pertama di usia yang sudah besar

2. Merokok, obesitas jangka panjang, bergadang

3. Lingkungan pekerjaan atau lingkungan hidup yang terpapar radiasi dalam jangka panjang

4. Minum banyak ubat hormonal seperti pil KB

5. Ada riwayat penyakit payudara lainnya, seperti tumor jinak atau hiperplasia payudara.

6. Merupakan keturunan keluarga yang menderita kanser payudara, seperti wanita dengan ibu yang kena kanser payudara, anaknya juga beresiko tinggi kena kanser payudara.

Walau keturunan atau tidak, setiap wanita WAJIB memeriksa payudara sendiri. Lakukan pemeriksaan minimal sebulan sekali, 3-7 hari setelah menstruasi. Kalau mendapati 1 satu dari 5 tanda di atas, segera periksa ke doktor!

Jom SHARE info penting ini ke wanita di sekitarmu!

Sumber: how via IniSerius.com

No comments:

Post a Comment